14 Orang Hilang di Muara Agats

KABARPAPUA.CO, Kota Jayapura – Kapal Azula jenis LCT berpenumpang 14 orang tenggelam di Muara Agats, atau sekitar 13 mil dari Agats, ibukota Kabupaten Asmat. Kapal yang juga memuat logistik material bangunan, dikabarkan tenggelam pada Sabtu (13/2). Tim SAR Timika baru mendapatkan laporan tenggelamnya kapal sekitar pukul 22.00 WIT.

Juru bicara SAR Timika, Muhammad menyebutkan kapal tersebut berangkat dari Surabaya dengan tujuan Agats. Pihaknya mengaku hari pertama pasca diberitahukan tenggelamnya kapal, tim SAR belum dapat melakukan pencarian, karena cuaca buruk dan tinggi gelombang lebih dari 3 meter.

“Hari pertama pencarian, kami terpaksa melakukan penundaan karena cuaca buruk. Pagi tadi, kami kembali melakukan pencarian dan tim telah menemukan kapal dalam kondisi setengah tenggelam di sekitaran Muara Agats, sekitar pukul 09.56 WIT, ” kata Muhammad ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Senin (15/2).

Lanjut Muhammad, saat ditemukan kapal tak lagi berpenumpang dan 14 orang masih dinyatakan hilang sampai saat ini. Pihaknya terus melakukan pencarian disekitar Muara Agats dan pesisir terdekat dari muara itu.

“Kami menggunakan 3 kapal dalam pencarian ini, yakni milik SAR Timika, Perhubungan Asmat dan milik TNI Pos Lanal Asmat,” ucapnya.

SAR Timika menduga kapal tenggelam karena bocor dan dihantam gelombang ditengah laut. “Untuk dugaan kelebihan muatan, kami belum mengarah kesana. Kapal ini juga bukan kapal penumpang. Kapal tersebut mengangkut material bangunan yang akan digunakan untuk pembangunan jembatan di Agats,” paparnya. (Katharina Louvree)

Sumber : kabarpapua.co

Leave a Reply