Alumni STIP Jakarta Ingin Almamaternya Membuka Program S-2

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta akan merayakan Dies Natalis, tanggal 27 Februarti 2016. Ulang tahun ke 59 itu tentu membawa harapan dan angin segar, khususnya bagi para alumninya.

Salah satunya, Capt. Sahattua P.Simatupang,MH, MM. Alumni STIP Jakarta angkatan 29 itu mempunyai mimpi, almamaternya bisa membuka program strata 2 (S-2) di tahun ini.

“Kita ingin pelaut alumni STIP Jakarta lebih baik dan diakui dunia internasional. Lulusan S-2 berarti mereka memiliki kemampuan analitik dan sintetik yang bagus,” kata Sahattua kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Selain itu, lanjut dia, STIP Jakarta harus mampu menjaga dan meningkatkan kualitas diklatnya di masa depan. “STIP Jakarta harus mendidik dan menghasilkan lulusan yang lebih baik dan siap bersaing di era global,” papar Sahattua.

Rencana membuka program S-2 di STIP Jakarta sebenarnya sudah ada sejak lama. Tapi realisasinya perlu dipercepat sekarang.

“Dengan makin banyaknya pelaut Indonesia yang alumni pendidikan tinggi S-2 tentu kualitas merekaenbih bagus bahkan mempu membuat kreasi dan temuan baru yang diakui dunia,” kilah pelaut yang kini menjabat Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok itu.

Dengan kemampuan dan kompetensi tinggi, menurut Sahattua, pelaut Indonesia tidak dituding sebagai tukang jiplak atau serobot karya orang lain.

“Jika pelaut kita mampu membuat inovasi baru, yang merupakan hasil karya asli bisa diakui dunia. Kini saaatnya hasil karya dan temuan pelaut. Indonesia diakui dunia,” kilah Sahattua.

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH, M.Si mengakui, memang pihak STIP sudah menyampaikan usulan untuk mendirikan program S-2 di kampus pelaut itu.

“Tapi, STIP Jakarta harus membuka prodi S-2 vokasi. Jadi, mereka nantinya mempunyai kualifikasi dan kemampuan teknis yang lebih baik dan diakui dunia,” kata Tommy.

Kendati begitu, lanjut dia, STIP Jakarta harus mengajukan usulan ke ke Kementerian Ristek dan Dikti. “Usulan itu disampaikan melalui BPSDM Perhubungan sebagai pejabat eselon I Kemenhub yang mengelolanya,” tegas Tommy.(helmi)

Sumber : beritatrans.com

One thought on “Alumni STIP Jakarta Ingin Almamaternya Membuka Program S-2

Leave a Reply