Cegah Kepadatan Mudik, Kemenhub Resmikan Jalur Tanjung Priok-Panjang

Bandar Lampung -Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini meresmikan tol laut baru dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta ke Pelabuhan Panjang di Bandar Lampung (PP).

Dengan adanya jalur pelayaran ini, masyarakat yang ingin menyeberang ke Sumatera memiliki alternatif.

Peresmian rute Panjang-Tanjung Priok dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Direktur Utama PT Atosim Lampung Pelayaran Ryan Bernandus, serta jajaran pejabat dari Ditjen Perhubungan Laut.

Dengan adanya rute pelayaran Kapal Roro Panjang-Tanjung Priok juga dipastikan dapat menghemat biaya logistik dan konsumsi BBM oleh kendaraan angkutan maupun kendaraan pribadi dari Pulau Jawa ke Sumatera, tepatnya dari Bandar Lampung ke Jakarta.

“Pembukaan jalur ini disambut baik karena ada penghematan dari segi biaya maupun waktu. Harus disebarluaskan agar masyarakat menjadi tahu,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono saat meresmikan rute Panjang-Tanjung Priok di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Rabu (22/6/2016).

Pihaknya juga berharap agar perluasan rute tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperluas di bernagai daerah di timur Indonesia. Sehingga biaya transportasi ke berbagai wilayah di Indonesia semakin terjangkau.

“Saya berpesan untuk terus mempertahankan pelayaran. Jangan hanya di barat, tapi pikirkan juga di timur seperti Surabaya ke NTT dan seterusnya,” kata Tonny.

Dengan adanya rute pelayaran ini, jarak tempuh Jakarta menuju Lampung memakan waktu dengan 8 jam pelayaran. Masyarakat pun tidak perlu jauh-jauh lagi ke Merak untuk menumpang kapal menuju Sumatera.

“Dengan adanya ini tentu jarak tempuh bisa lebih cepat yaitu 8 jam,” tutur Tonny.¬†(ang/ang)

Sumber : detik.com

Leave a Reply