kapal-perintis-pesanan-kemenhub

Kemenhub Siapkan 5 Kapal Perintis Untuk Melayani Pulau Madura

SUMENEP (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan lima kapal untuk melayani jalur pelayaran perintis pada tahun ini yang jangkauan pelayanannya ke sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.

“Namun, untuk sementara ini baru dua kapal perintis yang sudah beroperasi,” ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, M Choyroni Argoto di Sumenep, Senin (25/1/2016).

Lima kapal yang disiapkan untuk melayani jalur pelayaran perintis yang jangkauan pelayanannya hingga ke sejumlah pulau di Sumenep itu adalah KM Maumere 1, KM Miami, KM Amukti Palapa, KM Sabuk Nusantara 27, dan KM Sabuk Nusantara 56.

Kapal perintis itu disediakan oleh Kemenhub untuk memberikan kemudahan transportasi laut kepada warga di sebagian wilayah (pulau) yang belum dilayani kapal komersial.

Sesuai informasi yang kami terima dari pihak terkait di Kemenhub, dua kapal perintis yang sudah beroperasi adalah KM Maumere 1 yang berpangkalan di Pelabuhan Bima dan KM Miami di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,kata Argoto seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah tidak terlibat secara teknis dalam pengelolaan maupun operasional kapal perintis.

Penanggungjawab administrasi operasional kapal-kapal perintis itu ditangani oleh pihak terkait di Kemenhub. Kami di pemerintah daerah memang tidak terlibat,ujarnya.

Pengoperasian lima kapal perintis yang jangkauan pelayarannya ke sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep itu di bawah tanggung jawab tiga pihak terkait, yakni Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak (Surabaya), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi (Banyuwangi), dan KSOP Bima (NTB).

Argoto juga mengemukakan, tiga dari lima kapal perintis yang jangkauan pelayarannya ke sejumlah pulau di Sumenep, di antaranya Masalembu dan Sapeken, berstatus kapal milik negara, yakni KM Amukti Palapa, KM Sabuk Nusantara 27, dan KM Sabuk Nusantara 56.

“Kami terus berkoordinasi dengan para pihak terkait itu untuk menanyakan kepastian operasional tiga kapal perintis lainnya, karena dibutuhkan oleh warga Sumenep,” katanya.

Sesuai informasi dari Dishub Sumenep, KM Maumere 1 berpangkalan di Pelabuhan Bima, KM Sabuk Nusantara 27 di Pelabuhan Tanjung Wangi, dan tiga lainnya (KM Miami, KM Amukti Palapa, dan KM Sabuk Nusantara 56) di Pelabuhan Tanjung Perak. (aliy)

Sumber : beritatrans.com

Leave a Reply